Oktober 18, 2024

Ilmu Pendidikan Islam Perspektif Sosiologis

11. ILMU PENDIDIKAN ISLAM

ILMU PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SOSIOLOGIS

Penulis : Dr. Murdianto, S. Ag., M. Si

Editor : H. Taisir, M. Ag

Perancang sampul : Rasyid Hidayat

Penata letak : Abdul Mannan

Diterbitkan oleh: Lembaga Ladang Kata

xi + 217 halaman; 15,5 cm x 23 cm

Cetakan Pertama, Desember 2022

ISBN: (Proses)

 

Ilmu Pendidikan Islam perspektif sosiologis memandang pendidikan sebagai proses sosial yang berperan penting dalam membentuk masyarakat Islam. Pendekatan ini mengkaji bagaimana pendidikan Islam berinteraksi dengan struktur sosial, institusi, dan dinamika masyarakat Muslim. Dari sudut pandang sosiologis, pendidikan Islam berfungsi sebagai agen sosialisasi utama yang mentransmisikan nilai-nilai, norma, dan pengetahuan Islam antar generasi. Ia berperan dalam pembentukan identitas Muslim dan kohesi sosial umat. Pendidikan Islam juga dipandang sebagai sarana mobilitas sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Perspektif ini menganalisis bagaimana faktor-faktor sosial seperti kelas, gender, etnisitas, dan globalisasi memengaruhi akses dan kualitas pendidikan Islam. Ia juga mengkaji peran lembaga pendidikan Islam seperti madrasah, pesantren, dan perguruan tinggi Islam dalam konteks sosial yang lebih luas. Tantangan kontemporer yang disoroti termasuk modernisasi kurikulum, integrasi ilmu pengetahuan modern dengan nilai-nilai Islam, serta peran pendidikan Islam dalam masyarakat plural. Pendekatan sosiologis juga membahas kontribusi pendidikan Islam dalam pembangunan sosial, penyelesaian konflik, dan pembentukan masyarakat yang berkeadilan.Dengan demikian, perspektif sosiologis memperkaya pemahaman tentang kompleksitas dan dinamika pendidikan Islam dalam konteks sosial yang terus berubah.

Ilmu Pendidikan Islam Perspektif Sosiologis

Related articles

Kembali ke Atas